Anev OMB LK 2023 - 2024, Polres Rohul Vidcon Bersama Polda Riau, Dipimpin KBP R Kasero Manggolo




Pakarnewsriau - Rokan Hulu -  Anev Ops Mantap Brata Lancang Kuning (OMB LK) Tahun 2023 - 2024  melalui Vidio Conference (Vidcon) dipimpin  Karoops Polda Riau KBP R Kasero  Manggolo MH MSi  di dampingi Kabag Analis Dit Intelkam Polda Riau AKBP Umar Said  SPd dan Kabag Dalops Roops AKBP Zaini SAg, Jum’at (27/10/2023) sekitar pukul 09.00 Wib  di Ruang Rapat Utama (Rupatana) Polres Rohul.


Hadir dalam kegiatan, Kabag Ops Polres Rohul Kompol  Amru Hutauruk SH,  Kabag SDM AKP Sordaman Sinaga SH,  Kasat Reskrim  AKP Dr Raja Kosmos Parmulais SH MH,  Kasi Was  AKP Jon Heri SH, KBO Sat Res Narkoba Ipda Ruly Chairullah SE, Kanit Regident Sat Lantas Ipda Joni Saputra, S Psi, Kasi Humas  Aipda Mardiono Pasda SH, serta Admin Satgas OPS Mantap Brata Polres Rohul.



Dalam kesempatan itu, Kabag Analis Dit Intelkam Polda Riau AKBP Umar  Said  S Pd menyampaikan  adapun maksud dan tujuan paparan ini dibuat sebagai bahan evaluasi pelaksanaan OPS Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 kepada Pimpinan guna memberikan gambaran jalannya operasi oleh satgas-satgas di lapangan.



"Tujuan Sebagai bahan masukan bagi pimpinan dalam menentukan kebijakan dan langkah-langkah strategi guna menciptakan sasaran operasi lebih efektif dan tepat sasaran," kata AKBP Umar  Said.


AKBP Umar  Said, menjelaskan,  adapun analisa  penggelaran Pelaksanaan OMB LK  yang dilakukan Polda Riau beserta jajaran telah berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.


"Kegiatan Satgas Ops Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 pada Minggu Ke 1  dari 19 sampai 25 Oktober 2023 sebanyak 25.416 kegiatan," lanjutnya.


"Dengan rincian giat masing-masing Satgas Preventif sebanyak 763 kegiatan,  Subsatgas Intel sebanyak 343 Kegiatan dan Subsatgas Binmas sebanyak 420 Kegiatan  Satgas Preventif Pada Minggu Ke 1 sebanyak 767 Kegiatan,  Subsatgas Samapta Sebanyak 357 kegiatan dan Subsatgas Pamobvit sebanyak 400 Kegiatan," tuturnya 


" Kemudian, Satgas Kamseltibcarlantas Pada Minggu Ke 1 Sebanyak 19.540 Kegiatan, Gatur Sebanyak 9.106 Kegiatan, Kawal Sebanyak 127 Kegiatan dan Patroli Sebanyak 10.307 Kegiatan, sedangkan Satgas Tindak Pada Minggu Ke 1 Sebanyak 90 Kegiatan , Phh Sebanyak 20 Kegiatan, Aksi Khusus Sebanyak 20 Kegiatan, Sar Sebanyak 27 Kegiatan dan Jibom Sebanyak 23 Kegiatan," ujarnya.


Masih AKBP Umar  Said memprediksi yang akan terjadi dengan adanya Tiga Capres-cawapres  yang mendaftarkan diri ke KPU RI yaitu pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka.


"Maka situasi politik di masing-masing partai pendukung. Relawan dan simpatisan akan meningkat baik di lapangan maupun media sosial yang akan berdampak bisa saling serang, hujat dan tidak menutup kemungkinan terjadinya benturan di lapangan," ujarnya 


Dijelaskan AKBP Umar  Said, terkait keputusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan gugatan NO.90/PUU-XXI/2023 tentang Undang-Undang Pemilu mereka yang berusia di bawah 40 tahun atau pernah/sedang menduduki jabatan melalui pemilihan umum  termasuk pemilihan Kepala Daerah maka akan berpotensi adanya reaksi dari masyarakat yang menganggap bahwa Mahkamah Konstitusi tidak independen yang berujung tindakan ketidak kepuasan masyarakat melalui unjuk rasa.


"Adanya oknum maupun kelompok yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja melakukan perusakan baliho pasangan Capres, sehingga menimbulkan situasi yang kurang kondusif, " ujarnya.


"Agar sebelum pelaksanaan giat harian ops mantap Brata lk 2023-2024 masing-masing Kasatgas dan Kasubsatgas mengecek kesiapan personilnya termasuk hak yang harus diterima seperti uang dukungan operasi dan pembekalan kesehatan," ujarnya 



"Masing masing Satgas baik dari Polda maupun satwil jajaran agar tetap meningkatkan kinerja dan selalu berkoordinasi serta bersinergi dalam pelaksanaan tugas sehingga terciptanya cooling system untuk pemilu aman dan damai di wilayah provinsi Riau," tutur AKBP Umar  Said.


"Masing-masing Kasatgas dan Kasubsatgas melakukan kontrol dan evaluasi secara internal agar pelaksanaan tugas masing-masing satgas dan Kasubsatgas dapat lebih optimal," papar 


- Setiap satgas/subsatgas agar dapat memperhatikan waktu pengiriman laporan sehingga memudahkan operator posko mengi put dan menyajikan laporan kepimpinan


Dalam pelaksanaan tugas agar tetap memperhatikan keamanan personel maupun Mako baik ditingkat Polda maupun Polres jajaran "Masing masing satgas/subsatgas baik polda maupun Polres/ta jajaran agar mengoptimalkan kegiatannya baik secara kualitas maupun kuantitas," ucapnya.


"Seluruh satgas atau Subsatgas baik di tingkat polda maupun Polres/ta jajaran untuk menghindari tindakan kontra produktif di lapangan. Seluruh personel yang terlibat operasi Mantab Brata lancang kuning 2023-2024 agar melaporkan kegiatannya melalui aplikasi sot presisi," sebutnya 


"Termasuk agar seluruh satgas Subsatgas melakukan apel konsolidasi di akhiri pelaksanaan tugas harian," pungkasnya 


Selanjutnya, Karoops Polda Riau KBP R Kasero Manggolo  MH M Si menjelaskan 

tidak melakukan Duplikasi tugas, Dibuat suatu inovasi seperti membuat absen secara Digital untuk memonitor melalui aplikasi. Diharapkan rekan - rekan sekalian dapat melaksanakan Coling Sistematis  Cipta Kondisi.


"Hendaknya melaporkan kegiatan yang sudah sudah dilaksanakan oleh rekan - rekan sekalian karena sistem ini konek dengan Mabes Polri . Ini tentunya jangan hanya kuantitas laporan tetapi kualitas Laporan,"  sebut KBP R Kasero Mangholo 


"Tahapan pertama ini adalah wujud Colling Sistem atau Cipta Kondisi, sehingga situasi tetap terjaga dan Kondusif dengan Satu syarat Personil yang terlibat mengetahui atau memahami tugas masing - masing," imbuhnya.


Terkait Pelaksanaan Tugas, rekan - rekan, sambung, KBP R Kasero Manggolo supaya sesuai dengan peraturan yang benar. "Agar rekan - rekan sekalian menggunakan Gampol yang baik dan benar sesuai aturan yang berlaku," pungkasnya mengakhiri


Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH melalui Kabag Ops Kompol Amru Hutauruk SH menyampikan Anev OMB 2023 - 2024 Polres Rohul melalui Vidio Conference selesai pada pukul 11.15 Wib.


 "Selama berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif," tutup Kompol Amru mengakhiri.

Jhon

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama