Musrembang Kecamatan   Dilaksanakan Hari ini SENIN 30/01-2023. Di Kecamatan Rengat Barat Dan Kecamatan Lirik


 


Pakarnewsriau.com - INHU  -  Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mulai melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2024 tingkat Kecamatan. Sesuai jadwal Musrenbang hari ini terbagi pada dua titik lokasi yakni Kecamatan Kecamatan Rengat Barat dan Kecamatan Lirik, Senin (30/01/2023)


Untuk Kecamatan Rengat Barat, bertempat di Aula Kantor Camat Rengat Barat Musrenbang dibuka langsung oleh Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE dan diikuti oleh OPD Terkait, Unsur Forkopimcam, Kepala Desa se Kec.Rengat Barat, Organisasi Wanita, Karang Taruna, Tokoh agama dan masyarakat serta tamu undangan lainnya.


Camat Rengat Barat Lisnar Manafis, S.K.M, M.PH dalam sambutannya mengatakan ada 136 usulan rencana kerja Pemerintah Kecamatan Rengat Barat tahun 2024 dengan 9 usulan Prioritas, adapun usulan prioritas tersebut adalah Rehabilitasi Berat Gedung, Rumah Dinas, dan Aula Kantor Camat Rengat Barat, Pembangunan Drainase,  jalan ke puskesmas Pekan heran, Pembangunan Turap ruas jalan tanah datar sibabat, Pembangunan jembatan beton ruas jalan tanah datar-tani makmur, Rehabilitasi/ pemeliharaan jalan kontruksi aspal menuju desa wisata Danau menduyan kota lama, Pembangunan box culvert ukuran 3x3x7 di RT/04 RW/06 Kelurahan Pematang Reba, Pembuatan Pagar lapangan bola dan joging track, Street food/ wisata kuliner di batu canai, dan Percontohan sistem pertanian terpadu.



Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dalam arahannya menyampaikan dari Musrenbang RKPD tingkat kecamatan diharapkan mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang desa, masukan tersebut nantinya sebagai dasar penyusunan rencana kerja (renja) perangkat daerah dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) pada tahun 2024.


Rezita berharap agar usulan-usulan yang di sampaikan dalam diskusi dan dialog nanti, benar-benar program yang dapat menyentuh kepentingan dan kebutuhan masyarakat. 


Saya yakin dan percaya bahwa seluruh komponen yang terlibat dalam forum ini, dapat memberikan masukan yang sangat berharga untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu khususnya di kecamatan Rengat Barat” Sebut Rezita.


Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Kepala Bappeda Kabupaten Inhu Bobby Mauliantino, ST, MT, beliau mengatakan untuk anggaran di kecamatan rengat barat sebesar 22.5 Milyar dengan total 17 Desa dan 1 Kelurahan yang mana anggaran tersebut meningkat 8 Milyar dari tahun sebelumnya.


Sementara di Kecamatan Lirik Musrenbang dibuka oleh Wakil Bupati Inhu Drs. Junaidi Rachmat, M. Si. Mengawali sambutannya Wakil Bupati Inhu menyampaikan Musrenbang Kecamatan memiliki nilai yang sangat strategis dalam kelangsungan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kab. Inhu. 


Sesuai dengan tema Musrenbang kecamatan yaitu "Meningkatkan Infrastruktur untuk mendukung pembangunan sumber daya alam guna memantapkan pemulihan ekonomi", prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024 meliputi peningkatan pembangunan infrastruktur yang difokuskan pada pembangunan infrastruktur dasar, pengembangan/pengelolaan sumber daya alam yang difokuskan pada pengelolaan lingkungan hidup dan antisipasi bencana, pemulihan ekonomi yang difokuskan pada pembangunan pertanian, UMKM, pariwisata dan sumber daya manusia. 


Musrenbang RKPD Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan didasarkan pada masukan dari hasil musrenbang desa" Jelas wakil Bupati Inhu. 


Dalam kesempatan ini, Camat Lirik Zainuddin, S. Sos menyampaikan usulan prioritas terfokus pada 8 usulan dibidang sarana dan prasarana, 2 usulan prioritas bidang kesehatan lingkungan, 3 usulan bidang pendidikan, 1 usulan prioritas bidang sosial dan budaya, 1 usulan bidang pertanian dan 2 usulan bidang peternakan serta 6 usulan bidang pemberdayaan masyarakat, dengan total pagu Rp. 21.394.000.000, 30/01/2023

KOORWIL INHU/INHIL  : PATEN SITORUS 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama