Humasko Tagih Janji PT. EDI Berikan 20 Persen Hak Masyarakat

 



PakarNewsRiau.Com-Rokan Hulu,

Masyarakat Kotalama yang tergabung dalam Tim Perjuangan Hak Masyarakat Kotalama (TP-HUMASKO) menagih janji Hak 20% dari luas Kebun Kelapa sawit yang digarap untuk Kebun masyarakat, Karena sejak berdirinya PT. Ekadura Indonesia di atas HGU.

Hal ini disampaikan Pendamping TP HUMASKO, M Hasby Assodiqi kepada bertuahpos.com Kamis 11 Mei 2023 ketika dikonfirmasi ada perbedaan penafsiran masyarakat dengan pihak perusahaan, penafsiran PT EDI merasa sudah mendirikan KKPA dibangun Astra Agro kerja sama tahun 1990 kemitraan sudah dilaksanakan.

Sementara masyarakat kota lama melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) di gedung DPRD Rokan Hulu terungkap Kementerian ATR BPN menelaah bahwa KKPA 14.050 ha berbeda dengan lahan 10.000 ha di Sei Manding.

“Masyarakat masih konsisten menuntut hak 20% di Sei Manding, tidak bisa menggunakan data PT EDI di Sei Mandau,” ujarnya.

PT. Ekadura Indonesia hari ini masuk fase Akan melakukan perpanjangan Izin Hak Guna Usaha nya untuk satu periode Izin kedepan, sejak berakhirnya Izin HGU PT Ekadura Indonesia Desember 2022.

Ia berharap semua tunduk pada perundangan undangan serta hak masyarakat 20% diberikan.Berdasarkan Pasal 58 UU Perkebunan Nomor 39 tahun 2014 dan Pasal 40 huruf k Jo Pasal 64 Permen ATR BPN nomor 7 tahun 2017 yaitu memberikan dan luas hak guna usahanya kepada masyarakat.

“Kami berharap semua tunduk pada undang undang serta hak masyarakat 20% diberikan, perusahaan nyaman berinvestasi dan masyarakat tidak diabaikan hak nya,” ujarnya Hasbi yang juga Anggota DPRD Rohul fraksi Nasdem.

Kedepan, ia meminta Kementerian ATR BPN menunda izin HGU PT EDI untuk  mengevaluasi, mengkaji masalah kemitraan tahun 1990 dan masyarakat meminta informasi valid dari Kementerian ATR BPN.

Sementara, Dede Putra Kurniawan, Community Development Area Manager (CDAM) Astra Agro Area Riau ketika dikonfirmasi bertuahpos.com mengatakan PT. Ekadura Indonesia telah memiliki kebun Plasma sesuai dengan ketentuan undang undang yang berlaku.

Redaksi 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama