Bupati Inhu Buka Festival Pacu Sampan Tradisional 

 



Pakarnewsriau - INHU - Bupati Inhu Rezita meylani secara resmi buka festival pacu jalur tradisional ditepian Jembatan Trio Amanah Di Kecamatan Rengat  Kabupaten Inhu, sabtu 08/07/2023 siang.


Ditandai dengan pelepasan balon sebagai tanda resminya acara dimulai dilakukan oleh Bupati Inhu,  Dandim 0302 Inhu Letkol Kav Prasetyo, S. Sos, MM, serta turut juga menghadiri sebagai tamu kehormatan Walikota Pariaman Prof. Dr. H. Genius Umar, S, Sos, M. Si , dan Bupati Kab Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, M.M beserta Istri.


Kegiatan festival pacu sampan tradisional ini merupakan agenda tahunan dan menjadi kegiatan rutin dilaksanakan di Kab Inhu. 


Dalam kesempatan siang ini, Bupati Inhu Rezita Meylani mengucapkan selamat datang kepada walikota pariaman dan Bupati Padang pariaman atas kunjungannya ke Kab Inhu serta para tamu undangan dan masyarakat Kab Inhu. 


Bupati Inhu menyebutkan terdapat tiga rayon pelaksanaan pacu sampan di Kab Inhu, pertama sudah dilaksanakan ditepian sialang lotung Pasir Sialang Jaya Kec. Lirik, kedua di Tepian Jembatan Trio amanah Kec. Rengat yang sedang berlangsung, ketiga akan diagendakan di Kec Batang Peranap.


Festival pacu sampan di tiga rayon ini merupakam persiapan sebelum mengikuti event pacu jalur di Kab. Kuantan sengingi nantinya. 


"Kegiatan ini, saya harapkan dapat menjadi ajang silaturahmi untuk para atlet dayung dan masyarakat yang datang berkunjung se Kab Inhu." sebut Rezita 


Diharapkan Rezita selanjutnya, Festival pacu sampan tradisional dapat menjadi salah satu sarana peningkatan sektor ekonomi masyarakat sekitar selama kegiatan pacu sampan berlangsung. 


"Kepada seluruh atlet bisa bertanding secara sportif dan jujur, menang kalah itu hal biasa, yang terpenting ajang ini menjadi tempat silaturahmi. Para dewan hakim diharapkan bersikap adil." tegas Rezita.


"Anggaplah dalam pelaksaan ajang ini menjadi tempat latihan dan penguatan mental atlet untuk mempersiapkan diri menuju pertandingan di Kab Kuansing". Lanjutnya. 


Diketahui pada tahun 2022, Kab Inhu berhasil mendapatkan juara 1 dan juara 3 dalam event pacu jalur di Kab. Kuansing. 


"semoga event ini dapat berjalan setiap tahunnya dan dapat menarik peminat dari Kab. Lainnya." tutup Rezita dalam sambutannya. 


Dilaporkan oleh ketua panitia pelaksana Raja Jamaludin terdapat sekitar 56 sampan kecil yang ikut bertanding dan sekitar 15 sampan godang atau besar. Kegiatan berlangsung selama 2 hari untuk sampan kecil dan 2 hari untuk sampan godang atau besar. 


Penyerahan dayung secara simbolis kepada perwakilan atlet dayung dan pelepasan pertama pacu sampan tradisional tampak dilakukan oleh Bupati Inhu dan turut disaksikan oleh walikota Pariaman, Bupati Padang Pariaman beserta Dandim 0302 Inhu. 09/07/23. 

PINTEN S


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama