Bupati Rohul H.Sukiman Terima penghargaan dalam Rapat koordinasi Nasional bidang perpustakaan tahun 2023




MEDIA CENTER ROHUL - Mewakili Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman, Kepala Dinas Perpustakan dan Arsip Rohul  Ir. H. M Ruslan M.Si terima penghargaan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI) Sebagai  Daerah terbaik pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Subbidang Perpustakaan Daerah Tahun 2022 yang digelar Perpusnas RI di Pullman Jakarta Central Park selasa(06/03/2023) 

Adapun Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2023 digelar Senin dan Selasa, (6-7/3/2023). Dengan Mengusung tema "Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) untuk Kesejahteraan, solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemi COVID-19"



Acara diikuti oleh Kepala Daerah Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota penerima Lokasi Prioritas
 Dana Alokasi Khusus (DAK) Subbidang Perpustakaan Tahun 2023, Kepala Dinas
 Perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/Kota dan Ketua Forum
 Perpustakaan/Penerbit/Pengusaha Rekaman.
 



kemudian secara daring diikuti oleh 10.000 orang terdiri dari Dinas Perpustakaan Provinsi dan
 Kabupaten/Kota, Perpustakaan Kecamatan/Kelurahan/Desa, Bappeda
 Provinsi/Kabupaten/Kota, Pegiat Literasi, Forum Perpustakaan Umum, Forum
Perpustakaan Khusus, Forum Perpustakaan Sekolah, dan Forum Perpustakaan
Perguruan Tinggi. 

Ketua Rakornas Joko susanto mengatakan Program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS) dinilai efektif dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat, program TPBIS dijalankan oleh Perpusnas dengan dukungan dari Bappenas RI sejak 2018 lalu yang bertujuan menciptakan masyarakat yang sejahtera kemudian perpustakaan di tuntut untuk memiliki inovasi, kreativitas, rancangan dan interaktivitas serta perubahan pola fikir. 



"Perpustakaan mampu menjadikan sektor pendukung dalam pemulihan sektor ekonomi" Tegasnya

Joko susanto menerangkan bahwa konsep program TPBIS ialah merancang perpustakaan sebagai ruang publik bagi masyarakat sehingga di harapan bisa merubah mindset lama tentang perpustakaan sehingga buku-buku yang ada jenisnya harus praktis, pragmatis dan tepat guna. (MC KOMINFO/ADV)


 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama