Kebun Plasma PT. Alam Sari Lestari Terancam Dilelang, Siti Aisyah Perjuangkan Hak Petani


 

INHU, (Pakarnewsriau.com)- Kebun Plasma yang dibangun PT. Alam Sari Lestari seluas 1.400 Ha.  Untuk masyarakat Desa Paya rumbai dan Desa Talang Jerinjing tahun 2012, saat ini terancam akan dilelang.  Bukan itu saja Perusahaan Perkebunan kelapa sawit PT. Alam Sari Lestari dengan luas areal 5.898, Ha di Desa Paya rumbai kecamatan Seberida dan desa talang jerinjing kecamatan rengat barat kabupaten Inhu diduga ikut serta terancam dilelang.


Hal ini terkuak setelah  RAT tanggal 05/06/2023 yang disampaikan pengurus koperasi Sudarson sekretaris KUD Koperasi Tani Karya Bersama menyampaikan hasil pendapatan tahunan untuk pertanggung jawaban utang anggota koperasi tahun 2022 kepada seluruh anggota koperasi di halaman kantor Koperasi Tani Karya Bersama.


Sukril HR Ketua Koperasi tani karya bersama ketika dikompirmasi awak media mengatakan ," ada surat dari Bank BSI ( bank syariah indonesia ) tanggal 09 september 2022, dengan nomor surat No: 02/825 - 3/ACR 8010 A , ditanda tangani oleh Andri Yulianto ( ACR Meneger ), yang isinya bahwa utang koperasi sebesar Rp. 103.733.127.867.- yang harus dilunasi. Dan disitu dibunyikan: apabila batas waktu sampai tanggal 31 oktober 2022 belum dilunasi,  plasma akan dieksekusi atau dilelang.


Dengan surat dari BSI tersebut diatas telah saya sampaikan kepada kelompok tani sekitar 700 kk, maka kelompok tani menunjuk Siti Aisah sebagai Ketua Tim, dengan tujuan akan melakukan upaya perlawanan melalui jalur hukum," ujarnya.


Siti Aisah dalam pidatonya dihadapan kelompok tani mengatakan," Ini tidak bisa dibiarkan, kita harus lawan. Ada apa dibalik ini semua. Sepertinya ada pihak kelompok tertentu atau mafia mafia tanah memanfaatkan situasi ini. 


Kita harus lawan dan tempuh jalur hukum, ini tak bisa dibiarkan, karena saya menduga PT. Alam Sari Sejahtera  ada pencucian Uang ," tutupnya. 


Dalam rapat koperasi ini turut hadir : Kades Talang Jerinjing, Kepala Dinas Koperasi Pemerintah Inhu, Camat rengat barat, ketua koperasi, sekretaris koperasi dan anggotanya, babinkamtibmas, babinsa dan seluruh kelompok tani. 07/06/2023. PINTEN S.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama