Mastur Alias Asun Selamatkan Aset Negara, Akan Buat Jalan Elak Angkutan Batubara



INHU, (Pakarnewsriau.com)- Rapat rencana pembuatan jalan elak di Kantor Bupati kabupaten Inhu Ruangan Thamsir Rahman lantai 4, dipimpin langsung oleh Sekda Inhu tanggal 14/12/23 dimulai jam 14.00.wib.

Hadir dalam acara tersebut sesuai undangan oleh pemerintah :

Staf ahli bidang ekonomi, asisten perekonomian, kadis PU, kadis  Perhubungan, karis pertanian, kaban perencanaan pembangunan, kabag tata prmerintahan, kabag hukum, kabag SDM, camat batang peranap, camat peranap, camat rakit kulim, camat kuala cinaku, pt. Pir, pt. Bukit asam, pt. ARC, pt. Global, pt. Samantaka batu bara, pt.mega nusa, ptp Nusantara V, Forum penyelamat aset negara, APINDO dan Kajari Inhu.


Sekda Inhu Hendrizal mengatakan ," sudah disepakati alternatif jalan elak angkutan batubara sepanjang 124, 68 km yang akan melewati pt. Masantaka, bbsi, PT. Mega Nusa dan PT. Duta Palma.

Kehadiran Kajari Inhu dalam rapat, sebab disepanjang jalan ada PT.Duta Palma saat ini masih dalam Status QUO atau masih dalam perkara.


Hendrizal menambahkan, sepanjang jalan tersebut ada jala PT.  Mega Nusa, apakah jalan tersebut lepas dari kawasan. 

Dan Anggaran untuk jalan 124,68 km tersebut tidak berasal dari Apbd kabupaten, semua berasal dari Asosiasi dan Tambang Batu Bara, yang intinya angkutan CPO, Batu Bara dan Sawit Masyarakat boleh lewat sana. Asosiasai akan bekerjasama dengan Forum Penyelamat Aset Negara. Mudah mudahan ini kita realisasikan Bersama, karena Pihak Pengusaha Batu Bara Yang hadir sudah sepakat, kita laksanakan Survey minggu depan Rabu 22 des. 2023, ,"tutup sekda.


Mastur Alias Asun Ketua APINDO mengatakan ,"  Semenjak saya dilantik menjadi Ketua APINDO Inhu, saya sudah rintis jalan elak tersebut. Sekarang kita maunya bagaimana, apakah saya sendiri yang laksanakan jalan elak sepanjang 124,68 km tersebut atau bersama.

Hal ini tergantung prmerintah, Go ya jalan, bukan cuman jalan aja disana, ada juga Buat jembatan sepanjang 30 Mtr, dan Box Culvert.


Ditambahkan Asun, Pihak kami hanya mendukung survey kembali  setelah survey polanya bagaimana saya siap," ujar Asun.


Sekda Hendrizal juga menambahkan,  kita survey jalan ini bersama sama dengan konsultan, setelah survey, kita undang pihak Tambang Batu Bara dan Angkutan CPO.

Dalam perjanjian survey ini, kita akan jumpakan Pengusaha Batu Bara dengan Asosiasi dengan Ibu Bupati," ujarnya.


Kajari yang diwakili Jaksa Jimmy Manurung SH, MH mengatakan," kami informasikan, bahwa PT. Duta Palma masih kita tindak lanjuti persoalannya, pihak kajari akan berkoordinasi dengan Kajati dan Kajagung ," ujarnya.


Paino Asisten II mengatakan ," Saya yakin rencana ini akan Clear, karena wacana ini adalah tindak lanjut yang telah disepakati oleh Propinsi dan DPRD riau Komisi IV. Kita berharap ada persetujuan yang dilewati, dan perusahaan yang dilewati itu kesanggupannya bagaimana.


Dikatakannya juga, para pengguna adalah timbulnya biaya artinya Asosiasi yang mampu mrlaksanakan untuk kenyamanan.

Sebenarnya Tambang Batu Bara itu harus memiliki jalan sendiri ," ujarnya.


Seno SH, MH  wakil Ketua Apindo mengatakan,"  diforum ini ada mewakili perusahaan tambang Batu Bara tapi tak dapat membuat keputusan. Kedepan kalau boleh yang hadir dalam rapat, yang bisa membuat keputusan ," tutupnya. 15/12/23. Pinten S.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama