PT. INECDA Plantation Ingkar Janji


Pakaranewsriau - Rokan Hulu - Hearing DPRD atau RDP (  rapat dengar pendapat ) 2 sept. 2023 dan berlanjut  turun ke lokasi atau sidak 05 sept.2023 dengan Perusahaan Perkebunan kelapa sawit PT. INECDA Plantation atau Samsung Group 0agar penuhi permintaan Desa Petala Bumi Kecamatan Seberida Kabupaten Inhu, dengan batas waktu kesepakatan sampai tanggal 20 sept. 2023 ternyata, Perusahaan tidak dapat memenuhi permintaan DPRD komisi II dan desa petala bumi alias ingkar janji. 


Sugeng Ketua Komisi II dikomfirmasi wartawan mengatakan,"  Saat ini belum ada komunikasi dengan pihak Perusahaan. Kalau saya sebenarnya berdasarkan hasil rapat bersama sampai batas tenggang waktu sampai 20 sept.2023, artinya sama samalah menghargai hasil rapat itu apapun hasilnya.


Kami komisi II akan menyurati Perusahaan, nanti akan saya sampaikan dengan rekan rekan lain, bahwa kondisinya seperti ini. Dalam minggu ini kami akan membuat surat ke Perusahaan," ujarnya.


Sugiono Kades Desa Petala Bumi ketika dikofirmasi awak media mengatakan ," Sampai sekarang belum ada informasi dari Perusahaan. Memang tanggal 09/09/23 kemarin ada pertemuan dengan perusahaan, kita minta yang 50 Ha itu dikembalikan kemasyarakat biar masyarakat mengelola tapi pihak inecda keberatan.


Kalau tidak kompensasi dari hasil kebun ajalah, tapi perusahaan mengatakan, kalau berupa duit berat kata perusahaan juga.


Ditambahkannya juga, kita tawarkan juga kemitraan swadaya dimana kami masyarakat punya lahan agar dikelola perusahaan, masyarakat nantinya mengangsur itupun tak dipenuhi," kata kades.


Dikatakannya juga, soal perpanjangan HGU yang nomor 1 tahun 2020, perusahaan tidak ada pemberitabuan ke desa, saya tanya ke kades lama dan perangkat desa lama, katanya tidak ada pemberitahuan juga.


Jika sampai tanggal 20 sept.2023 tidak ada informasi dari perusahaan, saya minta yang 50 Ha itu dikembalikan. Kami akan buat nantinya menjadi hutan desa," ujarnya.


Joko Humas PT. INECDA Plantation dikomfirmasi melalui Wa nomor 0812 7005 xxxx mengatakan ," kami perusahaan sudah mengadakan pertemuan dengan desa petala bumi bang, memang benar belum ada hasil," tutupnya.20/09/23. PINTEN S

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama