Waka DPRD Inhu Bagikan Bibit Jambu Ke Desa Tanah Datar Dan Desa Danau Tiga


 

Pakarnewsriau - Rokan Hulu - Hari  Rabu 06/09/23 wakil Ketua DPRD Inhu, berikan bibit Unggul Jambu Citra sebanyak 2.118 batang, masing masing pembagiannya, ke Desa Tanah Datar 900 batang yaitu : kelompok tani sido makmur, sumber rezeki, dan tunas jaya dan Desa Danau Tiga 1.218 batang ke kelompok tani karya utama,  kelompok tani karya makmur, kelompok kroso manunggal Kecamatan  rengat barat kabupaten Inhu.


Pembagian bibit jambu Citra adalah aspirasi oleh Waka DPRD Inhu H. Suwardi Ritonga SE melalui penyerapan dana APBD  Murni kabupaten Inhu dari dinas Pertanian dan perkebunan Inhu.


H. Suardi Ritonga SE mengatakan," Hari ini saya dari Waka DPRD Inhu memberikan bibit Untuk masyarakat Desa Tanah Datar dan Desa Danau Tiga,manfaatkan bibit ini sebaik-baiknya.  


Sebelum pemberian bibit Jambu Citra hari ini, saya berkonsultasi dengan Dinas Pertanian, perkebunan. Ada ngga bibit andalan yang akan kita berikan ke kelompok tani, oleh dinas pertanian mengatakan ada bibit Jambu Citra,  ini kayaknya  tidak ada di bumi kita Indragiri hulu. Oh iya bagus saya  respon dengan baik,kami diskusikan dengan Pak kadis pertanian, alhamdulilah dinas pertanian juga mau menyetujui untuk program ini bisa masuk menjadi program andalan  prioritas pada APBD murni.


Maka saya tempatkan di apbd  murni kabupaten Inhu kelompok tani Bapak Ibu tidak kita tekan di ujung  perubahan. 

Justru itu kita program ke kelompok tani Tanah Datar dan  Desa Danau Tiga  menjadi prioritas, maka kita Letakkan program ini di murni APBD tahun 2023, sebagaimana kita laksanakan hari ini dan sekali lagi inilah wujud nyata komitmen antara Bupati dan DPRD melalui Dinas Pertanian Sebagai penyelenggara pemerintah daerah hari ini datang ke desa tanah Datar Ya mudah-mudahan apapun itu mungkin tidak banyak bahwa ini juga peran DPRD sebagai Wakil masyarakat,"kata suwardi.


Ditambahkannya, kami sangat bahagia dan bangga terhadap kelompok tani Desa tanah datar dan desa danau tiga yang turut berperan untuk memperbaiki tatanan dan struktur bumi melalui komoditi bibit unggul jambu yang berunsur kayu. nah mudah-mudahan apapun yang kita laksanakan  penyerahan bibit jari ini, harapan saya tentunya bibit unggul ini bisa menjadi bermanfaat  terhadap seluruh petani.


Bibit ini sudah melalui labor maka saya  berharap PPL tetap mendampingi Bagaimana bibit ini bisa menjadi sesuai harapan pemerintah untuk sebesar-besarnya dinikmati oleh masyarakat setidaknya 3 tahun ke depan.


 Insyaallah kalau masih mungkin saya terpilih di 2024 nanti, maka saya akan menunggu kalaupun tidak bisa saya menemukan produksi bibit unggul jambu citra hari ini di pasar modern setidaknya 3 tahun, 4 tahun ke depan saya akan menunggu hasil produksi di pasar tradisional, harapan saya seperti itu karena apa semua misi dan visi itu adalah tujuannya ending akhirnya menjadi kesejahteraan masyarakat.


Kalau  besok berbuah hanya dibikin menjadi sepak bola di lapangan di sepak di sana buahnya, menjadi tidak termanfaatkan artinya. Maka gagal kami sebagai pemerintah. Kita harapkan setidaknya 3 tahun dan 4 tahun ke depan, Insyaallah kita semua luar biasa dan berumur panjang dan barangkali Allah masih memberikan saya juga peluang dan kesempatan untuk duduk di parlemen.




Harapan Kita setidaknya hasil produksi jambu Citra ini  bisa menembus pasar modern tentunya ada pendampingan  melalui pemerintah atau dinas pertanian dan peran pemerintah daerah Kabupaten Indragiri Hulu selanjutnya. Bibit ini Jenis komunitas komoditi jambu ini baru adanya di  Desa tanah datar dan desa Danau tiga, saya berharap komoditi ini menjadi komoditi andalan terhadap dua desa.


Ketika orang teringat jambu citra maka orang yang terbayang adalah Desa  Tanah datar dan desa Danau tiga.Jadi kita menjadi punya icon sendiri gitu, karena memang baru dua desa ini yang dapat jenis bibit ini kita ciptakan kita jadikan melalui pendampingan PPL dan Dinas Pertanian ketika jadikan komoditi ini menjadi sebuah komoditi andalan icon andalan desa, maka itulah tujuan pemerintah sebagaimana yang Ketika orang teringat jambu citra maka orang yang terbayang adalah Desa  Tanah datar dan desa Danau tiga.


Jadi kita menjadi punya icon sendiri gitu, karena memang baru dua desa ini yang dapat jenis bibit ini kita ciptakan kita jadikan melalui pendampingan PPL dan Dinas Pertanian ketika jadikan komoditi ini menjadi sebuah komoditi andalan icon andalan desa, maka itulah tujuan pemerintah sebagaimana yang saya sampaikan bahwa pada hari ini kami hadir sebagai wujud nyata ya dan komitmen visi misi Bupati bersama DPR melalui Dinas Pertanian. mudah-mudahan apa yang kita laksanakan hari ini ya menjadi awal yang baik. harapan Saya, jika umur kita sehat umur kita panjang 3 tahun ke depan saya tunggu jambu citra ini di pasar tradisional setidaknya untuk uji coba menjadi sebuah ikon desa Danau tiga dan desa tanah datar. Ini ada pendamping jangan sungkan dengan pplnya kalau daunnya kuning Panggil ppl-nya enggak mau pplnya kasih tahu Pak kadisnya, susah menelepon Pak Kadis telepon saya," tutupnya.


Dedi Dianto Kadis Pertanian Perkebunan mengatakan ," terimakasi kepada Waka  DPRD Inhu H. Suardi Ritonga yang telah memprogram pemberian Bibit Jambu Citra kepada Kelompok Tani Desa Tanah Datar dan Desa Danau Tiga kecamatan rengat barat kabupaten Inhu melalui aspirasi dari APBD murni melalui dinas Pertanian perkebunan.


Kenapa kita hadir disini bersama denga Camat, kades, tapem, kelompok tani dan masyarakat, karena Selama ini terkadang bantuan itu tidak tahu oleh  Kades terkadang tidak tahu oleh camat ketika ada musrenbang tingkat desa Kecamatan, masyarakat itu minta terus, kok kami yang minta itu tidak dialokasi atau tidak di akomodir. Nah inilah bentuknya kepedulian walaupun tidak banyak  tapi ada. dalam perencanaan pembangunan khusus pertanian ada namanya program yang dicanangkan oleh Bupati melalui visi-misi  Bupati Inhu," tutupnya.


Dalam acara ini turut hadir : camat rengat barat, kadis pertanian beserta rombongan, kades tanah datar, kades danau tiga, kelompok tani mewakili, masyarakat babin kamtibmas dan babinsa  desa tanah datar dan danau tiga. 07/09/23. PINTEN S

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama