Warga Samosir Banggakan Jembatan Tano Ponggol

 



Rokan Hulu - PakarNewsRiau.Com, 

Warga Kelurahan Siogung-ogung, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir mengaku bangga pembangunan jembatan Tano Ponggol yang saat ini sedang finishing.

Demikian disampaikan Warga Kelurahan Siogung-ogung Kecamatan Pangururan, Nebaho kepada Wartawan Riaumerdeka, Sabtu (29/4/2023).

"Sudah tujuh kali Presiden Republik Indonesia berganti, baru Presiden Jokowi yang datang ke Samosir sekaligus memperhatikan daerah kami,"Ucap Nebaho.

Menurut Nebaho, Presiden Jokowi bukan saja sekedar datang ke Kabupaten Samosir dan pergi, tetapi dia memberikan perhatian yang maksimal terhadap Masyarakat Samosir.

Itu sebabnya, Presiden Jokowi memberikan bukti nyata pembangunan terhadap Kabupaten Samosir yang merupakan salah satu daerah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dari tujuh Kabupaten di Sumatera Utara.

Hal senada juga disampai Br Gultom isteri Nebaho, Ia menyebutkan perhatian Presiden Jokowi membuat Masyarakat Samosir Bangga. Sehingga kemajuan Samosir sangat signifikan, khususnya Kelurahan Siogung-ogung Kecamatan Pangururan.

Diketahui, Tano Ponggol (tanah putus), terkadang disebut sebagai Tano Magotap (tanah terpotong), adalah sebuah kanal di Kecamatan Pangururan, Samosir, yang dibangun pada sekitar tahun 1907 oleh pemerintah kolonial Belanda untuk memisahkan pulau Samosir dengan pulau Sumatera.

Kanal ini selesai dan diresmikan pada tahun 1913 oleh Ratu Wilhelmina dan sempat dijuluki sebagai Terusan Wilhelmina. Tanah yang dikeruk bertujuan agar air danau Toba yang berasal dari pesisir Silalahi dapat melewati Pangururan dan sebaliknya, sehingga kapal-kapal dapat mengelilingi danau Toba.

Air danau yang mengalir melalui kanal Tano Ponggol disebut sebagai Aek Tano Ponggol, sedangkan jembatan yang dibangun di atas kanal untuk memudahkan transportasi darat dari pulau Sumatra ke pulau Samosir disebut Jembatan Tano Ponggol.

Dari Kota Pangururan tempat ini hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit perjalanan, jika dari Tomok membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit, dan jika dari Medan membutuhkan perjalanan sekitar 6 jam.

Redaksi 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama